Sedikitnya 12 tewas diserang saat pesta jelang Natal

Pada tahun 2021 di Tulum, dua turis – satu adalah blogger perjalanan California yang lahir di India dan satu lagi warga Jerman – terbunuh.

Sedikitnya 12 tewas diserang saat pesta perayaan jelang natal. Foto: AP

Kekerasan berdarah terjadi di kota Salvatierra negara bagian Guanajuato, Meksiko. Peristiwa itu terjadi setelah sekelompok pria bersenjata datang di sebuah hacienda, atau peternakan, yang bisa disewa untuk perayaan.

Sedikitnya 12 orang tewas dan belasan lainnya terluka dalam serangan Minggu pagi itu di mana orang berkumpul untuk pesta menjelang Natal.  “Sejauh ini 12 orang dilaporkan tewas,” kata kantor kejaksaan negara bagian di X, bekas Twitter.

Menurut pihak berwenang, 12 orang lainnya yang terluka telah dibawa ke rumah sakit.

Yayasan Tierra Negra, yang mempromosikan proyek-proyek sosial di daerah tersebut, mengatakan para korban adalah kaum muda yang berpartisipasi dalam “posadas,” pertemuan keagamaan yang merayakan aspek kisah Natal.

Seseorang yang berada di pesta tersebut tetapi meminta untuk tidak disebutkan namanya karena alasan keamanan mengatakan kepada AFP bahwa sekitar enam orang dengan senjata panjang memasuki tempat tersebut dan mulai beredar di antara 100 atau lebih anak muda yang berkumpul di acara tersebut.