Sejarawan Amerika temukan kapsul waktu dari tahun 1887

Penemuan ini berkat adanya artikel surat kabar tahun 1887 tentang sebuah kapsul waktu di dasar patung Jenderal Robert E. Lee

Kapsul Time kedua ditemukan di bawah fondasi patung Jenderal Robert E.Lee di Richmond, Virginia. Foto - Gubernur Virdinia Ralph Northam

Para pekerja yang membongkar alas patung Jenderal Konfederasi Robert E. Lee menemukan sebuah kotak tembaga pada hari Senin yang diyakini telah terkubur 130 tahun yang lalu. Itu adalah kapsul waktu kedua yang ditemukan di situs tersebut.

Monumen Robert E. Lee adalah patung Konfederasi terbesar di Amerika Serikat dan yang terakhir dipindahkan dari Richmond's Monument Avenue pada September 2021. 

Meskipun negara bagian mengumumkan niatnya untuk menghapus patung itu pada 2020 di tengah kerusuhan sipil lokal dan di seluruh negeri, rencana itu terhambat oleh persoalan hukum selama lebih dari setahun sebelum Mahkamah Agung Virginia memihak Gubernur Northam untuk membuka jalan bagi pemindahan patung itu.

Pada pukul 11:41 Senin, kru yang dipimpin oleh Tim Henry Enterprises menemukan apa yang tampak seperti kotak tembaga di bawah tanah di sudut timur laut fondasi patung tersebut.

Setelah dikeluarkan dari tanah, konservator Kate Ridgway dari Departemen Sumber Daya Bersejarah membungkus kotak tembaga dengan bungkus gelembung dan dibawa ke laboratorium mereka.