Selandia Baru akan buka perbatasan internasional awal 2022

Keberhasilan Selandia Baru dalam membasmi kehadiran Covid-19 di dalam negeri telah memungkinkan kehidupan kembali hampir normal.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern. Instagram/@jacindaardern

Pemerintah Selandia Baru pada Kamis (12/8) menyatakan bahwa mereka berencana untuk dengan hati-hati membuka kembali perbatasannya untuk pelancong internasional pada awal 2022.

Para pejabat juga mengatakan, mereka akan menunda suntikan kedua vaksin Pfizer untuk mempercepat suntikan pertama guna melindungi lebih banyak orang seiring dengan meningkatnya ancaman dari varian Delta.

Keberhasilan Selandia Baru dalam membasmi kehadiran Covid-19 di dalam negeri telah memungkinkan kehidupan kembali hampir normal. Negara Pasifik Selatan berpenduduk 5 juta orang itu telah melaporkan hanya 26 kematian sejak pandemik dimulai.

Keberhasilan mengekang penyebaran virus sebagian dengan menutup perbatasan bagi mereka yang bukan penduduk atau warga negara.

Namun, banyak yang mempertanyakan apakah pemerintah Selandia Baru perlu mempertahankan pembatasan ketat terhadap virus begitu perjalanan internasional dilanjutkan.