Selebgram 'memimpin' misi evakuasi ratusan orang dari Afghanistan

Quarantino adalah akun milik Tommy Marcus yang berusia 25 tahun dari New York City, yang sebelumnya terkenal karena meme liberalnya.

Ratusan warga Afghanistan yang putus asa yang telah mencoba melarikan diri dari Taliban sebelum batas waktu penarikan AS dari Kabul pada Selasa berhasil diselamatkan dengan bantuan dari inisiator yang tidak terduga: influencer Instagram Quentin Quarantino.

Quarantino adalah akun milik Tommy Marcus yang berusia 25 tahun dari New York City, yang sebelumnya terkenal karena meme liberalnya dan leluconnya tentang penentang vaksinasi COVID-19.

Bersama dengan para pengikutnya, Quarantino mengumpulkan US$7 juta dalam beberapa hari di GoFundMe untuk meluncurkan misi penyelamatan ke Afghanistan untuk mengevakuasi sebanyak mungkin orang, banyak dari mereka mengatakan bahwa mereka telah diancam oleh Taliban.

Pada hari Rabu, misi mereka "Operasi Flyaway" membantu mengangkut 51 orang dari Afghanistan ke Uganda dengan pesawat sewaan pribadi yang dibiayai oleh kampanye GoFundMe.

Lebih dari 121.000 orang telah menyumbang untuk kampanye tersebut setelah Marcus mengajukan permohonan kepada 832.000 pengikutnya. Ini menjadikannya salah satu penggalangan dana kemanusiaan terbesar dalam sejarah GoFundMe.