Sempat dirawat karena cegukan parah, Presiden Brasil keluar dari rumah sakit

Jair Bolsonaro sudah membaik sehingga diizinkan pulang. Bolsonaro mengaku sebenarnya sudah sehat sejak hari pertama di RS.

Jair Bolsonaro. foto Reuters

Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah keluar dari rumah sakit. Sebelumnya, ia menjalani perawatan selama empat hari karena masalah usus yang serius.

Sebelum masuk rumah sakit, Bolsonaro, 66, telah menderita cegukan terus-menerus selama 10 hari. Ada kekhawatiran tentang kesehatan pemimpin sayap kanan itu sejak dia ditikam di usus saat berkampanye pada 2018.

Bolsonaro terluka parah dalam serangan itu dan kehilangan 40% darahnya. Dia telah menjalani beberapa operasi sejak itu. Setelah menjalani pengobatan untuk gangguan usus yang tidak perlu dioperasi, ia berjanji akan kembali ke kantornya pada Senin pagi.

"Hanya Tuhan yang bisa mengeluarkan saya dari kursi (kepresidenan) itu," kata Bolsonaro setelah meninggalkan rumah sakit.

"Saya ingin pergi sejak hari pertama, tetapi mereka tidak mengizinkan saya. Saya berharap dalam 10 hari saya akan makan iga bakar, makan apa saja," tambahnya.