Senator Amerika Serikat kembali kunjungi Taiwan

Perjalanan Blackburn, seorang Republikan Teneese, mengkuti sejumlah kunjangan baru-baru ini oleh Ketua DPR Nancy Pelosi.

Senator Amerika Serikat Marsha Blackburn (kanan) pada Kamis (25/8) menjadi anggota Kongres terbaru yang mengunjungi Taiwan. Foto mobile.twitter.com/marshablackburn

Senator Amerika Serikat Marsha Blackburn pada Kamis (25/8) menjadi anggota Kongres terbaru yang mengunjungi Taiwan, sekaligus menentang tekanan dari Beijing dengan mengatakan 'tidak akan diganggu oleh Komunis China untuk meninggalkan pulau itu'.

Perjalanan Blackburn, seorang Republikan Teneese yang duduk di Komite Senat Angkatan Bersenjata, mengikuti sejumlah kunjangan baru-baru ini oleh Ketua DPR Nancy Pelosi dan pejabat AS lainnya. 

“Taiwan adalah mitra terkuat kami di kawasan Indo-Pasifik. Kunjungan tingkat tinggi regular ke Taipei adalah kebijakan lama AS,” kata Blackburn dalam sebuah pernyataan, Kamis. 

Kunjungan Pelosi, yang awal bulan ini menjadi pejabat tertinggi AS yang mendarat di Pulau itu dalam 25 tahun, disebut oleh Beijing sebagai pemicu latihan militer skala besar selama beberapa hari. Di mana China menembakkan rudal ke Taiwan dan menerbangkan gelombang pesawat tempur ke zona identifikasi pertahanan udaranya. 

Partai Komunis China yang berkuasa mengklaim Taiwan adalah bagian dari wilayahnya, meskipun tidak pernah memerintahnya, dan telah menolak untuk mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk mengendalikannya.