Serang Meksiko, Trump pungut tarif 5%

Trump mengumumkan, per 10 Juni, barang dari Meksiko akan dikenakan tarif 5%. Perlahan-lahan itu akan naik sampai imigrasi ilegal berhenti.

Ilustrasi / Pixabay

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan akan mengenakan tarif untuk semua barang yang datang dari Meksiko. Dia menyebutnya sebagai upaya untuk mengekang imigrasi ilegal.

Lewat twit yang diunggah pada 30 Mei pukul 16.30 waktu setempat, Trump menuliskan bahwa per 10 Juni, barang-barang Meksiko akan dikenakan tarif 5% dan perlahan-lahan itu akan naik sampai persoalan imigrasi ilegal berhenti.

On June 10th, the United States will impose a 5% Tariff on all goods coming into our Country from Mexico, until such time as illegal migrants coming through Mexico, and into our Country, STOP. The Tariff will gradually increase until the Illegal Immigration problem is remedied,.. — Donald J. Trump (@realDonaldTrump) 30 May 2019

Dalam pernyataan Gedung Putih disebutkan bahwa tarif akan naik 5% setiap bulan hingga 1 Oktober.

"Mulai 10 Juni 2019, AS akan mengenakan tarif 5% untuk semua barang yang diimpor dari Meksiko. Jika krisis migrasi ilegal dikurangi melalui tindakan efektif Meksiko, yang akan ditentukan dalam kebijakan dan penilaian kami, tarif akan dihapus. Namun, jika krisis masih berlanjut, tarif akan dinaikkan menjadi 10% pada 1 Juli 2019," sebut pernyataan tertulis Gedung Putih yang dirilis pada Kamis