Serangan udara Israel di Gaza membunuh pekerja bantuan asing

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese membenarkan kematian pekerja bantuan Australia Lalzawmi “Zomi” Frankcom.

Militer Israel mengatakan pihaknya sedang melakukan tinjauan menyeluruh di tingkat tertinggi untuk memahami keadaan insiden "tragis" ini. (Reuters)

Serangan Israel di Gaza tidak pernah pandang bulu. Kali ini setidaknya lima staf organisasi non-pemerintah World Central Kitchen (WCK), termasuk warga asing, tewas dalam serangan udara mereka. 

Kantor media pemerintah Gaza yang dikelola Hamas pada Senin malam mengatakan mereka yang tewas dalam insiden di Deir Al-Balah, Gaza tengah, termasuk warga Polandia, Australia dan Inggris, serta seorang warga Palestina.

“Kami mengetahui laporan bahwa anggota tim World Central Kitchen terbunuh dalam serangan IDF saat bekerja untuk mendukung upaya pengiriman makanan kemanusiaan kami di Gaza,” tulis WCK di X. 

“Ini adalah sebuah tragedi. Pekerja bantuan kemanusiaan dan warga sipil jangan pernah menjadi sasaran. Jangan pernah," tambah pernyataan itu.

Dalam sebuah pernyataan, kelompok Islam Hamas mengatakan serangan itu bertujuan untuk “meneror” pekerja lembaga kemanusiaan internasional dan menghalangi mereka menjalankan misi mereka.