Setelah Bill Cosby divonis bersalah, siapa selanjutnya?

Tagar #MeToo telah menjerat predator seks dari kalangan orang terkenal. Salah satunya komedian Amerika Serikat (AS) Bill Cosby.

Produser dan komedian Amerika Serikat yang ditetapkan sebagai tersangka kasus pelecehan seksual di Hollywood./ NewYorker

Tagar #MeToo telah menjerat predator seks dari kalangan orang terkenal. Salah satunya komedian Amerika Serikat (AS) Bill Cosby, yang belakangan divonis bersalah. Ia diduga terlibat dalam tiga kasus skandal seks sehingga terancam dijatuhi hukuman 10 tahun penjara. Setelah ini, siapa yang akan menyusul Cosby?

Skandal Cosby menarik perhatian publik di tengah isu tagar #MeToo di mana korban pelecehan perempuan banyak yang mengaku ke publik. Itu itu sendiri mengemuka dan segera menjadi isu global setelah produsen film Hollywood Harvey Weinstein terungkap melakukan banyak pelecahan. Namun Cosby menjadi predator seks ternama yang pertama diadili dan dinyatakan bersalah.

Aktor berusia 80 tahun itu dituduh melakukan pelecahan seksual terhadap mantan pemain basket perempuan Andrea Constand pada 2004. Cosby, aktor kulit hitam yang masuk ke acara primetime televisi ini tidak dijebloskan ke penjara hingga vonis dijatuhkan.

Di persidangan, Cosby meluapkan kemarahan. Itu dikarenakan jaksa justru meminta agar Cosby tidak mendapatkan kebebasan dengan jaminan karena dia berisiko melarikan diri karena memiliki pesawat. “Dia (jaksa) tidak memiliki pesawat, kamu kacau!” respons Cosby dilansir Reuters. Jaksa Kevin Steele kemudian menimpali kemarahan itu, “Kamu akan tahu siapa dia sebenarnya.”

Namun, hakim Steven O’Neill memutuskan Cosby tidak ditahan dengan jaminan US$1 juta (Rp13,8 miliar). Cosby juga harus menyerahkan paspornya dan tetap tinggal di rumah. Vonis berapa lama Cosby akan ditahan diperkirakan akan disampaikan sekitar 60 hingga 90 hari mendatang.