Singa sirkus lepas ke permukiman di Italia, ada dugaan sabotase

Pawang, yang keluarganya menjalankan sirkus keliling, mengatakan mereka semua “sangat terguncang dan sangat tegang.

Singa melarikan diri dari sirkus. Foto: tangkapan layar

Seekor singa melarikan diri dari sirkus dekat Roma pada Sabtu (11/11). Peristiwa ini kembali memicu kecaman dan seruan agar Italia melarang binatang liar dalam hiburan.

Dilaporkan, setelah singa itu diketahui lepas dari kandangnya, penduduk kota tepi laut Ladispoli diminta untuk tinggal di dalam rumah selama lebih dari lima jam pada Sabtu malam. Sementara, polisi, dokter hewan dan staf sirkus melacak singa tersebut. Mereka akhirnya membius dan kemudian menangkapnya.

Video yang diterbitkan oleh media Italia, tampaknya diambil oleh penduduk setempat, menunjukkan singa dewasa dengan surai berbulu lebat berjalan melalui jalan-jalan perumahan yang gelap dan sepi, melewati mobil yang diparkir.

Namun Rony Vassallo, yang bertanggung jawab atas hewan-hewan di Rony Roller Circus, mengatakan bahwa meskipun membayangkan menghadapi singa akan membuat kebanyakan orang takut, singa bernama Kimba yang berusia delapan tahun itu tidak menimbulkan bahaya apa pun.

“Dia bertemu dengan orang-orang di lingkungan yang tidak biasa dia temui… dan tidak terjadi apa-apa, dia bahkan tidak memiliki naluri untuk menyerang seseorang sedetik pun,” katanya kepada AFP di lokasi sirkus.