Singapura kenakan biaya perawatan bagi WNA positif Covid-19

Singapura sejauh ini mencatat 160 kasus infeksi coronavirus jenis baru.

Penumpang dari Batam, Indonesia, turun dari kapal feri di Singapore Cruise Center, di tengah penularan wabah coronavirus jenis baru di Singapura, Kamis (5/3). ANTARA FOTO/REUTERS/Edgar Su

Singapura mulai memungut biaya perawatan bagi warga negara asing yang dinyatakan positif coronavirus jenis baru. Hal tersebut diumumkan setelah negara itu melaporkan kasus infeksi baru yang melibatkan orang-orang yang melakukan perjalanan dari Indonesia.

Indonesia, negara terpadat keempat di dunia, melaporkan kasus infeksi coronavirus jenis baru pertama pada awal bulan ini. Hingga Selasa (10/3), Indonesia mencatat 27 kasus infeksi, sementara Singapura 160 kasus.

Kebijakan Singapura itu diumumkan pada Senin (9/3) malam dan mulai berlaku pada 7 Maret, ketika pihak berwenang setempat mengatakan dua pendatang dari Indonesia memiliki gejala coronavirus jenis baru.

Keduanya disebut pernah melaporkan gejala coronavirus jenis baru di Indonesia. Namun, hanya salah satu yang sempat dirawat di rumah sakit di Jakarta.

Kasus lain melibatkan seorang warga Singapura yang mengunjungi saudara perempuannya yang menderita pneumonia di Indonesia.