Sisi jadi presiden Mesir tiga periode, menang pemilu dengan 89,6% suara

Sisi, mantan jenderal, telah mengawasi tindakan keras terhadap perbedaan pendapat di berbagai spektrum politik.

Surat suara dalam pemilu Mesir 2023. Foto REUTERS-Mohamed Abd El Ghany

Abdel Fattah al-Sisi pada Senin (18/12) berhasil meraih masa jabatan ketiga sebagai presiden Mesir. Di pemilu, dia tidak menghadapi lawan yang serius. Seraya menyebut pemilu sebagai penolakan terhadap “perang biadab” di negeri tetangga, Gaza.

Sisi memperoleh 89,6% suara menurut Otoritas Pemilu Nasional, diadakan saat Mesir sedang berkutat mengatasi krisis ekonomi yang berangsur pelan dan mencoba mengelola risiko dampak perang yang terjadi di Semenanjung Sinai, Mesir.

Banyak warga di negara berpenduduk terbesar di dunia Arab itu menyatakan ketidakpeduliannya terhadap pemilu 10-12 Desember, dan mengatakan bahwa hasilnya sudah pasti.

Pemerintah dan media domestik yang dikontrol ketat berupaya keras untuk meningkatkan jumlah pemilih, yang menurut otoritas pemilu telah mencapai 66,8% – jauh di atas 41% yang tercatat pada pemilihan presiden terakhir pada tahun 2018.

Beberapa pemilih mengatakan konflik tersebut telah mendorong mereka untuk memilih Sisi, yang telah lama menampilkan dirinya sebagai benteng stabilitas di kawasan yang bergejolak – sebuah argumen yang juga terbukti efektif karena sekutu-sekutu Teluk dan Barat memberikan dukungan finansial kepada pemerintahannya.