Soal pengantin pesanan, Menlu Retno tekankan 3 poin ke China

Salah satunya, Menlu Retno meminta agar 18 korban pengantin pesanan yang berlindung di KBRI Beijing dapat difasilitasi kepulangannya.

Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu China Wang Yi dalam pertemuan bilateral di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM) di Bangkok, Thailand, pada Selasa (30/7). / Kementerian Luar Negeri RI

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi untuk membahas mengenai upaya bersama Indonesia-China untuk menyelesaikan permasalahan pengantin pesanan.

Pertemuan bilateral tersebut dilakukan di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM) di Bangkok, Thailand, pada Selasa (30/7).

Menurut Menlu Retno, isu tersebut harus segera ditangani dan pencegahan perlu dilakukan sehingga tidak ada korban baru. 

Menlu Retno menyampaikan tiga poin menyangkut pengantin pesanan. Pertama, Retno meminta agar 18 korban yang kini berlindung di KBRI Beijing dapat segera difasilitasi pemulangannya oleh pemerintah China.

Kedua, Menlu Retno meminta pemrosesan dokumen legalisasi pernikahan campuran di Kedubes China dan juga di Beijing dilakukan dengan pemeriksaan lebih teliti. Dia juga minta otoritas di Indonesia untuk melakukan hal yang sama.