Starbucks jajal peruntungan di tanah kelahiran espreso

Kedai Starbucks pertama di Italia menempati bangunan bersejarah eks kantor pos yang terletak di sebuah alun-alun besar di pusat kota Milan.

Kedai perdana Starbucks di Milan, Italia. REUTERS/Stefano Rellandini

Starbucks akhirnya membuka kedai pertamanya di Italia. Langkah perusahaan asal Amerika Serikat itu untuk memperkenalkan kopi racikannya di Italia, negeri yang dijuluki rumah espreso, dinilai berani atau bahkan cenderung nekat.

Kedai Starbucks pertama di Italia menempati bangunan bersejarah bekas kantor pos yang terletak di sebuah alun-alun besar di pusat kota Milan.

Milan menjadi kota pertama di mana Starbucks membuka kedai kopinya dalam format roastery di wilayah yang belum teruji pasarnya. Pada 2014 Starbucks telah membuka roastery di Seattle, AS, kota yang merupakan rumah bagi kantor pusat perusahaan itu dan tahun lalu mereka membuka roastery keduanya di Shanghai.

Jika kedai kopi hanya menjual produk kopi, maka roastery mengolah kopi mulai dari biji kopi mentah.

Sejarah Starbucks tidak bisa lepas dari Milan. Howard Schultz melahirkan merek kopi global tersebut setelah dia terinspirasi oleh kedai-kedai kopi di Milan yang dikunjunginya pada tahun 1983.