Sukacita dunia atas berhasilnya penyelamatan anak Thailand

Warganet Thailand ramai-ramai mengucapkan terimakasih kepada ratusan penyelamatan yang telah membantu.

Seluruh dunia bereaksi atas keberhasilan penyelamatan anak-anak yang terperangkap di Gua Thailand./Antara Foto

Masyarakat Thailand bereaksi lega setelah sukses menyelamatkan kelompok terakhir dari 12 anak laki-laki dan pelatih sepak bola mereka yang terperangkap dalam gua yang banjir selama hampir 18 hari. Masyarakat dunia pun turut larut dalam kegembiraan dengan ramai-ramai membuat status dengan hastag #Hooyah di media sosial mereka.

Anggota terakhir dari kelompok 13 dari tim sepak bola "Wild Boars" termasuk sang pelatih dibawa keluar dari gua yang banjir pada Selasa malam. Korban terakhir langsung dibawa dengan helikopter lalu dilanjutkan dengan jalan darat ke rumah sakit sekitar 70 km (45 mil) dari gua Tham Luang. Korban terakhir bergabung dengan rekan satu tim mereka di karantina yang menetap di rumah sakit.

Masih hangat dalam ingatan dalam sepekan ini berita penyelamatan anak-anak Thailand ini begitu menyita energi hingga menelan korban yakni seorang penyelam. Saman Kunan (38) mantan penyelam Angkatan Laut Thailand bergabung dalam penyelamatan setelah hilang kesadaran saat hendak keluar dari Gua Tham Luang usai mengirim pasokan perbekalan dan oksigen untuk kelompok remaja tersebut.

Pengorbanan Kunan terbayar, misi penyelamatan pun berhasil. Sejumlah penyelam dari seluruh dunia dan penyelam lokal berhasil mengeluarkan anak-anak yang terperangkap dalam gua. 

Warganet Thailand kemudian ramai-ramai mengucapkan terimakasih kepada ratusan penyelamatan yang telah membantu. Hastag #Hooyah menjadi trending topic di sejumlah media sosial.