Dunia / Peristiwa

Sukacita dunia atas berhasilnya penyelamatan anak Thailand

Warganet Thailand ramai-ramai mengucapkan terimakasih kepada ratusan penyelamatan yang telah membantu.

Sukacita dunia atas berhasilnya penyelamatan anak Thailand Seluruh dunia bereaksi atas keberhasilan penyelamatan anak-anak yang terperangkap di Gua Thailand./Antara Foto

Masyarakat Thailand bereaksi lega setelah sukses menyelamatkan kelompok terakhir dari 12 anak laki-laki dan pelatih sepak bola mereka yang terperangkap dalam gua yang banjir selama hampir 18 hari. Masyarakat dunia pun turut larut dalam kegembiraan dengan ramai-ramai membuat status dengan hastag #Hooyah di media sosial mereka.

Anggota terakhir dari kelompok 13 dari tim sepak bola "Wild Boars" termasuk sang pelatih dibawa keluar dari gua yang banjir pada Selasa malam. Korban terakhir langsung dibawa dengan helikopter lalu dilanjutkan dengan jalan darat ke rumah sakit sekitar 70 km (45 mil) dari gua Tham Luang. Korban terakhir bergabung dengan rekan satu tim mereka di karantina yang menetap di rumah sakit.

Masih hangat dalam ingatan dalam sepekan ini berita penyelamatan anak-anak Thailand ini begitu menyita energi hingga menelan korban yakni seorang penyelam. Saman Kunan (38) mantan penyelam Angkatan Laut Thailand bergabung dalam penyelamatan setelah hilang kesadaran saat hendak keluar dari Gua Tham Luang usai mengirim pasokan perbekalan dan oksigen untuk kelompok remaja tersebut.

Pengorbanan Kunan terbayar, misi penyelamatan pun berhasil. Sejumlah penyelam dari seluruh dunia dan penyelam lokal berhasil mengeluarkan anak-anak yang terperangkap dalam gua. 

Warganet Thailand kemudian ramai-ramai mengucapkan terimakasih kepada ratusan penyelamatan yang telah membantu. Hastag #Hooyah menjadi trending topic di sejumlah media sosial. 

Ucapan terimakasih banjir dari warganet kepada para penyelamat./Antara Foto

Kepala misi penyelamatan Narongsak Osottanakorn mengucapkan terima kasih kepada orang-orang di Thailand dan di seluruh dunia pada konferensi pers pada hari Selasa (10/7) atas dukungan kepada mereka. Bahkan Osottanakorn menyebut misi tersebut berhasil karena adanya kekuatan cinta, sehingga banyak orang yang terjun ke dalam penyelamatan tersebut. 

Usai diselamatkan, orangtua anak laki-laki dapat segera mengunjungi anaknya. Meski harus menahan diri untuk memeluk anak-anak mereka karena hanya diizinkan memantau anak mereka melalui panel kaca, di rumah sakit. 

Reaksi dunia 

Sejumlah klub sepak bola turut menyatakan kelegaannya atas berhasilnya penyelamat mengevakuasi anak-anak Thailand. Klub Sepak Bola asal Inggris, Manchaster United Football Club dalam laman twitternya turut merasa lega mengetahui selamatnya bocah pemain sepak bola dan pelatih mereka yang terperangkap di gua di Thailand sekarang aman. 

Bahkan MU menyatakan keinginannya untuk menyambut Tim Wild Boards Football Club dan tim penyelamat ke Old Trafford pada musim datang. Tidak ketinggalan Klub Sepak Bola asal Italia AS Roma yang turut larut dalam kegembiraan atas keberhasilan misi kemanusian tersebut. 

Bahkan AS Roma memberikan penghormatan tinggi atas penyelam Saman Kunan yang meregang nyawa dan menyebutnya sebagai pahlawan sejati. Tidak ketinggalan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang memuji keberhasilan para penyelamat. 

"Atas nama Amerika Serikat, selamat kepada Angkatan Laut Thailand SEAL dan semua keberhasilan penyelamatan 12 anak laki-laki dan pelatih mereka dari gua berbahaya di Thailand. Momen yang indah semua dibebaskan, pekerjaan hebat!" kata Trump lewat akun twitternya. 

Kemenangan Prancis untuk bocah Thailand

Penonton di seluruh dunia menyoraki penyelamatan tim yang sukses dengan sejumlah pesan bantuan, doa, dan ungkapan rasa lega. Drama di Thailand bahkan bergema sejauh Rusia di mana Piala Dunia mencapai tahap akhir. 

Pemain dari Perancis dan Inggris menyambut berita tentang penyelamatan dan mengirim harapan terbaik mereka ke Wild Boars di Twitter.

"Kemenangan ini untuk para pahlawan hari ini, anak-anak lelaki yang baik, kalian begitu kuat," kata gelandang Prancis Paul Pogba setelah timnya mengalahkan Belgia 1-0 semalam untuk mencapai final.

Bek Manchester City dan Inggris Kyle Walker, yang timnya akan menghadapi Kroasia di semifinal kedua nanti Rabu, mengatakan ia ingin mengirim kaos kepada anak-anak lelaki.

"Berita luar biasa bahwa semua anak-anak Thailand keluar dari gua dengan selamat!" Walker. 

Pencarian Google pada hari Selasa untuk kata-kata penyelamatan gua Thailand mengungkapkan 359 juta hasil, dan terus memuncak sejak minggu lalu ketika penyelam Inggris menemukan anak-anak dan misi penyelamatan dimulai.

Araya Hargate, salah satu aktris papan atas Thailand dan duta merek kosmetik L'Oreal, membagikan kartun anak-anak yang dikelilingi oleh tim penyelamat di halaman Instagram-nya, yang memiliki 7,9 juta pengikut.

"Bagaimanapun dunia bukanlah tempat yang buruk #humanityfaithrestored #thailandcaverescue," kata sang aktris. 

Pejabat Thailand diperkirakan akan mengadakan konferensi pers pada hari Rabu untuk memberikan pembaruan pada kesehatan 12 anak laki-laki dan pelatih mereka yang berusia 25 tahun.

Narongsak mengatakan kepada wartawan bahwa rincian rute pelarian dan misi penyelamatan juga akan diberikan.

 

Sumber: Reuters, AFP, CNN


Berita Terkait