Tahun baru, pemimpin tertinggi Iran ampuni 10.000 tahanan

Tahun baru tradisional atau yang disebut Nowruz kali ini jatuh pada Jumat (20/3).

Pemimpin tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei tiba untuk memberikan suara di TPS dalam pemilihan parlemen di Teheran, Jumat (21/2). ANTARA FOTO/Official Khamenei website/Handout via REUTERS

Pemimpin tertinggi Iran Ayatullah Ali Khamenei akan mengampuni 10.000 tahanan termasuk tahanan politik. Langkah itu diambil dalam rangka tahun baru atau Nowruz yang kali ini jatuh pada Jumat (20/3).

"Mereka yang diampuni tidak akan kembali ke penjara ... hampir setengah dari tahanan terkait keamanan akan diampuni juga," ujar juru bicara Mahkamah Agung Iran Gholamhossein Esmaili kepada stasiun TV pemerintah pada Rabu (18/3).

Pada Selasa (17/3), Esmaili menuturkan bahwa Iran untuk sementara membebaskan sekitar 85.000 tahanan, termasuk tahanan politik, sebagai respons atas pandemi Covid-19.

"Sejumlah besar tahanan yang telah dibebaskan sementara tidak perlu kembali ke penjara setelah pengampunan pemimpin tertinggi," terang Esmaili. "Poin yang belum pernah terjadi sebelumnya adalah bahwa grasi tersebut juga mencakup tahanan terkait keamanan dengan hukuman penjara kurang dari lima tahun."

Esmaili tidak menjelaskan apakah pekerja amal Inggris keturunan Iran Nazanin Zaghari-Ratclifee, yang dibebaskan pada Selasa selama dua minggu masuk dalam daftar tahanan yang mendapat pengampunan.