Taiwan diguncang gempa bumi berkekuatan 7,4 SR

Ribuan rumah dan bangunan tidak mendapat aliran listrik, karena jalan-jalan utama terputus akibat kerusakan dan tanah longsor.

Foto: Taiwan Red Cross

Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,4 skala Richter mengguncang sebagian besar Taiwan pada hari Rabu, menurut Survei Geologi A.S. Bencana itu meruntuhkan puluhan bangunan di kota Hualien di bagian selatan dan memaksa peringatan tsunami untuk Taiwan, Jepang bagian selatan, dan Filipina.

Gempa yang terjadi pada Rabu pagi pukul 7:58 waktu setempat sekitar 11 mil selatan Kota Hualien, segera diikuti oleh gempa susulan berkekuatan 6,5 skala Richter, dan laporan kerusakan dan korban luka mulai berdatangan.

“Hari ini, Taiwan dilanda gempa berkekuatan 7,2 skala Richter, yang mengakibatkan laporan bangunan runtuh dan tanah longsor di Hualien,” tulis Palang Merah Taiwan pada hari Rabu dalam sebuah postingan di X. 

“Tim Bantuan Bencana Palang Merah Hualien dan unit militer dengan cepat melakukan mobilisasi untuk membantu meminimalkan dampak dan memberikan bantuan kepada mereka yang terkena dampak."

Sembilan orang menjadi orang pertama yang dilaporkan terluka akibat gempa tersebut, setelah terjebak dalam tanah longsor di jalan raya di Taiwan tengah.