Taiwan membenarkan adanya pasukan militer AS di pulau itu

Ketegangan yang terjadi antara Taiwan dan China telah meningkat karena Beijing meningkatkan tekanan militer dan politik.

Tsai Ing Wen. foto Reuters

Sejumlah kecil pasukan AS berada di Taiwan untuk berlatih dengan tentara Taiwan. Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dalam sebuah wawancara membenarkan kehadiran pasukan AS di pulau berpemerintahan sendiri yang dianggap milik China itu.

Ketegangan yang terjadi antara Taiwan dan China telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir karena Beijing meningkatkan tekanan militer dan politik.

“Kami memiliki berbagai kerja sama dengan AS yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan kami,” kata Tsai kepada CNN dalam wawancara yang ditayangkan pada Kamis (28/10).

Saat ditanya berapa banyak anggota militer AS yang dikerahkan di Taiwan, ia hanya mengatakan bahwa itu tidak sebanyak yang diperkirakan orang.

Konfirmasi itu datang ketika China meningkatkan tekanan militer secara tajam di Taiwan, termasuk misi berulang oleh pesawat tempur China yang memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan.