Taiwan sambut hangat kedatangan delegasi pertama Parlemen Eropa

Delegasi, yang dipimpin oleh Anggota Parlemen Eropa Prancis, Raphael Glucksmann, akan membahas ancaman kompleks termasuk disinformasi.

foto istimewa

Taiwan menyambut delegasi Parlemen Eropa pertama yang mengunjungi negara itu, Rabu (3/11). Kedatangan delegasi Parlemen Eropa tersebut dianggap sangat penting untuk menuju hubungan yang lebih kuat dengan Eropa di tengah meningkatnya ketegangan antara Taipei dan Beijing.

Taiwan, yang diklaim China sebagai wilayahnya sendiri dan tidak mengesampingkan pengambilan secara paksa, tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan negara-negara Eropa selain Kota Vatikan. Tetapi mereka ingin memperdalam hubungan dengan negara-negara demokrasi Uni Eropa.

"Delegasi itu adalah delegasi resmi pertama yang dikirim oleh Parlemen Eropa ke Taiwan dalam sejarah, yang sangat penting," kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan.

Delegasi, yang dipimpin oleh Anggota Parlemen Eropa Prancis, Raphael Glucksmann, akan membahas ancaman kompleks termasuk disinformasi dan serangan siber dengan pejabat Taiwan, tambah kementerian itu.

Kunjungan selama tiga hari itu diselenggarakan oleh komite Parlemen Eropa dan membahas tentang disinformasi dalam proses demokrasi.