Taiwan tugaskan kapal penjaga pantai untuk tingkatkan pertahanan

Pulau tersebut memang sedang memperkuat pertahanannya dalam menghadapi apa yang dilihatnya sebagai ancaman dari Beijing.

Seseorang mengambil foto kapal Anping baru saat peluncuran generasi pertama kapal patroli penjaga pantai di Kaohsiung, Taiwan, 11 Desember 2020. Reuters/Ann Wang.

Taiwan terus membangun armada kapal penjaga pantai pada Jumat (11/12), salah satunya sebuah catamaran canggih yang dapat dipersenjatai dengan rudal selama perang. Pulau tersebut memang sedang memperkuat pertahanannya dalam menghadapi apa yang dilihatnya sebagai ancaman dari Beijing.

Presiden Tsai Ing-wen telah memprioritaskan modernisasi militer untuk pulau yang diklaim China itu. Apalagi Beijing tidak pernah menolak untuk menggunakan kekerasan agar dapat membawa Taiwan di bawah kendalinya.

“Kalau perlu bisa segera sulap menjadi kekuatan penting untuk pertahanan,” ujarnya di galangan kapal yang juga menamai kapal kedua mengikuti Anping, Chengkung.

Anping adalah kapal yang mirip dengan korvet kelas Tuo Chiang, di mana memiliki ruang untuk peluncur rudal antikapal, selain itu juga telah ditambahkan peralatan untuk operasi penyelamatan.

Sementara itu, Kapal Tuo Chiang adalah kapal siluman mutakhir yang sangat bermanuver. Dimaksudkan untuk membawa kapal perang yang lebih besar sambil beroperasi di dekat Pantai Taiwan.