sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Taiwan tugaskan kapal penjaga pantai untuk tingkatkan pertahanan

Pulau tersebut memang sedang memperkuat pertahanannya dalam menghadapi apa yang dilihatnya sebagai ancaman dari Beijing.

Cindy Victoria Dhirmanto
Cindy Victoria Dhirmanto Jumat, 11 Des 2020 19:01 WIB
Taiwan tugaskan kapal penjaga pantai untuk tingkatkan pertahanan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Taiwan terus membangun armada kapal penjaga pantai pada Jumat (11/12), salah satunya sebuah catamaran canggih yang dapat dipersenjatai dengan rudal selama perang. Pulau tersebut memang sedang memperkuat pertahanannya dalam menghadapi apa yang dilihatnya sebagai ancaman dari Beijing.

Presiden Tsai Ing-wen telah memprioritaskan modernisasi militer untuk pulau yang diklaim China itu. Apalagi Beijing tidak pernah menolak untuk menggunakan kekerasan agar dapat membawa Taiwan di bawah kendalinya.

“Kalau perlu bisa segera sulap menjadi kekuatan penting untuk pertahanan,” ujarnya di galangan kapal yang juga menamai kapal kedua mengikuti Anping, Chengkung.

Anping adalah kapal yang mirip dengan korvet kelas Tuo Chiang, di mana memiliki ruang untuk peluncur rudal antikapal, selain itu juga telah ditambahkan peralatan untuk operasi penyelamatan.

Sementara itu, Kapal Tuo Chiang adalah kapal siluman mutakhir yang sangat bermanuver. Dimaksudkan untuk membawa kapal perang yang lebih besar sambil beroperasi di dekat Pantai Taiwan.

Tsai telah memperjuangkan konsep “perang asimetris”, termasuk menambahkan senjata yang mobile dan lebih sulit diserang, untuk menghadapi serangan China.

Amerika Serikat telah menjadi pemasok senjata terpenting Taiwan, Tsai juga telah meningkatkan industri pertahanan asli pulau itu, terutama pembangunan delapan kapal selam yang direncanakan. Penjaga pantai Taiwan sering terlibat dalam konfrontasi dengan kapal penangkap ikan dan pengeruk pasir China yang beroperasi secara ilegal di perairan Taiwan.

Sumber asli: https://www.reuters.com/article/taiwan-security/taiwan-commissions-new-coast-guard-ships-to-bolster-defences-idUSKBN28L0IL 

Sponsored


Sumber : Reuters

Serba salah vaksin Nusantara

Serba salah vaksin Nusantara

Senin, 01 Mar 2021 06:17 WIB
Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Jumat, 26 Feb 2021 15:24 WIB
Berita Lainnya