Tak diduga, kapal penjaga pantai AS lihat 4 kapal perang China di Alaska

Temuan ini terjadi selama kapal penjaga patroli rutin di dekat Kepulauan Aleutian Alaska pada 30 Agustus,

Kapal perang China dilihat dari kapal patroli AS di Alaska. Foto US Coast Guard

Kapal Penjaga Pantai AS melihat empat kapal perang China melakukan operasi militer dan pengawasan. Kapal-kapal dari Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat itu berkelana sedekat 46 mil ke Kepulauan Aleutian.

Penjaga pantai AS melaporkan bahwa kapal-kapal China tersebut berada di zona ekonomi eksklusif AS, yang membentang sekitar 200 mil dari pantai Alaska, dari 29 Agustus hingga 1 September. Mereka tidak memasuki perairan teritorial AS, yang membentang 12 mil dari pantai.

Temuan ini terjadi selama kapal penjaga patroli rutin di dekat Kepulauan Aleutian Alaska pada 30 Agustus. Patroli tersebut terdiri dari US Coast Guard Cutters Bertholf dan Kimball, keduanya merupakan penjaga keamanan maritim yang legendaris.

Kapal-kapal China terakhir terlihat di wilayah tersebut pada tahun 2015, ketika mereka melewati perairan teritorial AS di dekat Aleutians.

Ekspedisi China pada bulan Agustus termasuk kapal penjelajah peluru kendali, kapal perusak peluru kendali, kapal intelijen umum dan kapal tambahan.