Tangkal hoaks, Najib Razak bikin portal khusus

Khawatir dengan serangan hoaks, Najib Razak membangun platform sendiri untuk memerangi berita bohong yang dinilai bisa merugikan dirinya.

Sumber: Facebook Dr Wan Azizah Wan Ismail

Demi menangkal berita hoaks yang marak terjadi pada pemilihan umum, Partai Malaysia yang berkuasa saat ini berencana untuk meluncurkan portal khusus yang ditujukan untuk memerangi berita palsu. Portal yang bernama "TheRakyat" diyakini akan signifikan melawan koalisi Barisan Nasional jelang pemilu yang diadakan pada Agustus mendatang. 

Perdana Menteri berkuasa, Najib Razak mengatakan selama ini pihaknya menjadi korban berita palsu. Bukan tanpa sebab berita bohong tersebut mencuat, Razak memang dinilai kerap bungkam terkait isu-isu politik yang menyerangnya. 

Namun kali ini, di sela-sela peluncuran portal, Najib mengklarifikasi desas-desus tentang pemadaman listrik di balik suara pada pemungutan suara tahun 2013. Berikut juga tentang suara yang tidak dihitung. 

"Tidak akan ada lagi informasi seperti itu muncul pada pemilihan umum mendatang. Itu sebabnya kami membutuhkan platform untuk terhubung dengan masyarakat," tukas Najib seperti dikutip Bloomberg

Najib memang berhasrat untuk mempertahankan kuasanya. Hal ini terkait peraturan dan koalisi yang dilakukan pada eranya dengan sejumlah negara di Asia Tenggara.