Tegang dengan Korea Selatan, Jepang rilis imbauan perjalanan

Pada 14-15 Agustus, Korea Selatan menandai dua peringatan penting yang berkaitan dengan pendudukan Jepang.

Ilustrasi / Pixabay

Jepang merilis travel advisory bagi warganya yang mengunjungi Korea Selatan menjelang peringatan penting. Mereka diminta untuk berhati-hati perihal keamanan menyusul memburuknya kedua tetangga.

Korea Selatan menjadikan 14 Agustus sebagai peringatan bagi para gadis dan perempuan yang dipaksa bekerja di rumah-rumah bordil Jepang. Adapun 15 Agustus diperingati sebagai hari pembebasan nasional dari Jepang.

Kementerian Luar Negeri Jepang menyarankan warganya di Korea Selatan untuk berhati-hati dan menghindari daerah di mana protes dan pertemuan terkait Jepang diperkirakan akan berlangsung pada Rabu dan Kamis.

Pada awal bulan ini, Kementerian Luar Negeri juga telah merilis travel advisory serupa menyusul protes yang diperkirakan berlangsung di dekat kedutaan atau konsulat Jepang di Korea Selatan.

Hubungan antara kedua negara memburuk sejak Mahkamah Agung Korea Selatan tahun lalu memutuskan bahwa perusahaan-perusahaan Jepang harus memberi kompensasi bagi warga Korea Selatan yang menjadi pekerja paksa selama Perang Dunia II.