Tekan kasus Covid-19, China larang orang asing masuk

Secara total, China daratan mencatat 81.340 kasus infeksi Covid-19. Dari jumlah itu, 3.292 meninggal.

Para penumpang memakai pakaian pelindung di Bandara Internasional Hong Kong, Hong Kong, China, Selasa (17/3), di tengah pandemik Covid-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu

China pada Kamis (26/3) malam mengumumkan penangguhan sementara izin masuk oleh warga negara asing yang memegang visa atau izin tinggal.

"Mengingat penyebaran Covid-19 yang cepat di seluruh dunia, China telah memutuskan untuk sementara waktu menangguhkan masuknya warga negara asing yang memegang visa atau izin tinggal yang masih berlaku. Kebijakan ini efektif mulai Sabtu (28/3) pukul 00.00," demikian pernyataan bersama Kementerian Luar Negeri China dan  Administrasi Imigrasi Nasional.

Menurut pernyataan tersebut, entri bagi warga negara asing pemegang Kartu Perjalanan Bisnis APEC juga akan ditangguhkan.

Kebijakan itu juga termasuk visa pelabuhan, kebijakan transit bebas visa 24/72/144 jam, kebijakan bebas visa 30 hari Hainan, kebijakan bebas visa 15 yang ditentukan bagi tur kelompok pelayaran asing melalui Pelabuhan Shanghai, kebijakan bebas visa 144 jam Guangdong yang diperuntukkan bagi grup wisata asing dari Hong Kong atau Macau, dan kebijakan bebas visa 15 hari Guangxi yang ditujukan bagi grup wisata asing dari ASEAN.

"Entri dengan visa diplomatik, service, courtesy, atau C tidak akan terpengaruh," sebut pernyataan itu.