Temu Menlu Inggris, Jokowi bahas kerja sama ekonomi strategis

Salah satunya tentang kerja sama LSE-IDX dalam pembentukan pertukaran pasar karbon.

Presiden Jokowi (kanan) saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Inggris, Elizabeth Truss, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (11/11/2021). Foto BPMI Setpres/Lukas

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Luar Negeri Inggris, Elizabeth Truss, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (11/11). Pertemuan membahas kerja sama ekonomi strategis, terutama tindak lanjuti atas pembicaraan dengan Perdana Menteri Boris Johnson.

“Pertama, kerja sama antara London Stock Exchange [LSE] dan Indonesia Stock Exchange [IDX] dalam pembentukan pertukaran pasar karbon [carbon market exchange],” kata Jokowi, melansir situs web Sekretariat Kabinet.

Selain itu, sua membahas investasi bersama dalam pengembangan produksi katoda di "The Black Country" untuk memenuhi kebutuhan baterai litium di Inggris dan Eropa.

“Indonesia akan menyediakan prekursor yang diperlukan dari pabrik di Indonesia yang dibangun atas investasi bersama kita,” ucapnya.

Selanjutnya, kerja sama terkait vaksin dan bioteknologi. Hingga kini, Indonesia sudah berkomunikasi dengan Oxford University untuk mengirimkan lebih banyak pelajar dan peneliti.