Terdampar, para sopir truk marah besar di Dover

Munculnya varian baru Covid-19 berdampak pada pengetatan perbatasan.

Para pengemudi truk berdiri di depan petugas polisi saat mereka memblokir pintu keluar di Pelabuhan Dover Inggris, Rabu 23 Desember 2020/REUTERS/John Sibley

Seorang pengemudi marah besar terhadap petugas kepolisian di kawasan perbatasan pelabuhan Dover, Inggris, pada Rabu (23/12). Kemarahan itu terjadi ketika Prancis melakukan blokade parsial untuk menghentikan penyebaran varian baru Covid-19.

Rekaman CCTV menunjukkan bahwa pengemudi membunyikan klakson truk mereka dan berkumpul di jalan sekitar pelabuhan. Para sopir tersebut terlihat frustrasi lantaran terjebak kemacetan.

Paris dan London pada Selasa malam memang telah sepakat bahwa pengemudi yang membawa hasil tes Covid-19 dinyatakan negatif dapat menaiki feri menuju Calais. Namun proses ini akan lama hingga memicu kemacetan.

“Kami sedang menyiapkan infrastruktur. Jadi angkatan bersenjata akan melakukan itu (pengujian Covid-19). Sebagai contoh pertama untuk membantu kami menyiapkannya dan melewati beberapa simpanan yang Anda lihat,” ujar Sekretaris Perumahan Inggris, Robert Jenrick kepada kepada Sky News.

Pengemudi yang hendak melintas akan dites PCR lebih komprehensif dan membutuhkan waktu yang lama. Kemudian, dari hasil PCR tersebut, jika memang hasilnya enunjukkan positif maka akan diberikan kamar hotel isolasi.