Tersangka penembakan di masjid Norwegia mengaku tidak bersalah

Polisi menuturkan bahwa tersangka mengakui dirinya berhaluan kanan jauh dan antiimigran.

Philip Manshaus, tersangka penyerangan bersenjata di Al-Noor Islamic Centre, bersama pengacaranya di pengadilan di Oslo, Norwegia, Senin (12/8). ANTARA FOTO/NTB Scanpix/Cornelius Poppe via REUTERS

Philip Manshaus (21), tersangka penembakan di masjid di Norwegia, mengaku tidak bersalah dalam persidangan pada Senin (12/8).

Manshaus yang melepas tembakan di Al-Noor Islamic Centre, di pinggiran Ibu Kota Oslo, pada Sabtu (10/8) muncul di pengadilan pada Senin dengan lebam di wajah dan lehernya. Dia tidak bersuara ketika ada wartawan dan sejauh ini menolak untuk berbicara dengan polisi.

"Dia menggunakan haknya untuk tidak diinterogasi," kata pengacara Manshaus, Unni Fries. "Dia tidak mengakui kesalahan apa pun."

Dalam persidangan itu, hakim memberikan izin kepada polisi untuk menahan Manshaus selama empat pekan selagi dia diselidiki dengan dugaan pembunuhan dan pelanggaran UU antiterorisme.

Vonis bersalah atas tuduhan melanggar UU antiterorisme dan pembunuhan dapat diganjar masing-masing hukuman maksimal 21 tahun penjara. Persidangan untuk memutuskan apakah Manshaus bersalah atau tidak kemungkinan akan digelar dalam beberapa bulan mendatang.