Tewaskan 20 orang di Bahama, Badai Dorian menuju AS

Dorian sempat melemah setelah menghantam Bahama tetapi kini dilaporkan telah menguat kembali.

Foto udara memperlihatkan kerusakan setelah Badai Dorian melanda Kepulauan Abaco di Bahama, Rabu (4/9). ANTARA FOTO/REUTERS/Marco Bello

Badai Dorian diperkirakan akan membawa gelombang badai yang mematikan di pantai tenggara Amerika Serikat setelah menyebabkan kehancuran dan menewaskan setidaknya 20 orang di Bahama.

Dorian sempat melemah setelah menghantam Bahama tetapi kini dilaporkan telah menguat kembali. Pada Kamis (5/9) pukul 05.00 waktu setempat, badai itu bergerak dengan kecepatan 185 kilometer per jam.

Pusat Badai Nasional AS (NHC) mengatakan bahwa Badai Dorian berjarak sekitar 170 kilometer dari wilayah tenggara Charleston, South Carolina. Mereka memperingatkan bahwa Dorian akan membawa gelombang badai yang membahayakan jiwa. Selain itu, banjir yang signifikan diperkirakan akan terjadi di sebagian besar pantai tenggara Amerika Serikat dalam beberapa hari mendatang.

South Carolina bersiap untuk dihantam Badai Dorian. Pemerintah setempat telah memadamkan listrik bagi 64.000 rumah.

Badai itu diperkirakan akan bergerak mendekat South Carolina pada Kamis (5/9) dan menuju North Carolina pada Jumat (6/9).