The Fed kembali menaikkan suku bunga acuan 25 basis poin

Bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve kembali menaikkan suku bunga acuan jangka pendek sebesar 25 basis poin.

Federal Open Market Committee (FOMC) Federal Reserve memutuskan untuk menaikkan kisaran target suku bunga acuan, fed fund rate (FFR), menjadi 2,25%-2,50% / Istimewa

Bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve kembali menaikkan suku bunga acuan jangka pendek sebesar 25 basis poin.

Akan tetapi, The Fed mengisyaratkan laju kenaikan suku bunga yang lebih lambat pada 2019 lantaran ekonomi AS diproyeksi mengalami perlambatan.

"Mengingat realisasi dan ekspektasi kondisi-kondisi pasar kerja dan inflasi, Komite Pasar Terbuka Federal (Federal Open Market Committee/FOMC) memutuskan untuk menaikkan kisaran target suku bunga acuan, fed fund rate (FFR), menjadi 2,25%-2,50%," kata The Fed dalam pernyataan setelah mengakhiri pertemuan kebijakan dua hari, Rabu (19/12) waktu setempat.

Ini menandai kenaikan suku bunga The Fed keempat kali tahun ini dan langkah kesembilan sejak akhir 2015, ketika bank sentral bergerak maju pada jalur normalisasi kebijakan moneter.

The Fed mengatakan pasar tenaga kerja AS telah "terus menguat" dan kegiatan ekonomi telah "naik pada tingkat yang kuat" sejak pertemuan kebijakan terakhir pada November, sementara pertumbuhan investasi tetap bisnis telah "moderat" dari langkah cepat di awal tahun.