Tidak akan ada lagi perjalanan wisata ke bangkai Titanic

Titan yang meledak itu melakukan kunjungan ketiganya ke sisa-sisa kapal Titanic.

Foto: Ist

Setelah tragedi kapal selam wisata Titan, diperkirakan tidak akan ada lagi wisata ke bangkai kapal Titanic. Tragedi itu akan menjadi akhir perjalanan manusia melihat bangkai kapal yang karam 111 tahun lalu itu.  Pakar Titanic, Dr Rudi Newman, mengatakan "sangat mungkin" kapal itu ditinggalkan sendirian, setidaknya, selama beberapa waktu setelah insiden itu.

Dia mengatakan kepada The National bahwa insiden tersebut kemungkinan akan berdampak pada industri kapal selam secara umum, karena penyelidikan dapat menghentikan sementara semua pekerjaan yang menggunakannya.

Dia mengatakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh – atau ROV – telah menjadi pilihan yang semakin layak dibandingkan kapal selam untuk mengunjungi bangkai kapal.

“Dr Robert Ballard, ketika dia menemukan Titanic, sangat pro apa yang dia sebut telepresence, gagasan berada di sana melalui kamera video. Itu sangat meningkat dengan teknologi ROV,” kata Dr Newman.

“Dan penemuan kapal selam yang cepat, begitu ROV berada di bawah, menunjukkan seberapa banyak teknologi telah maju, dalam hal itu.”