Tiga rekan Khashoggi dapat peringatan CIA soal ancaman Arab Saudi

CIA memperingatkan bahwa tiga rekan Khashoggi serta keluarga mereka dapat menjadi target pembalasan potensial Arab Saudi.

Ilustrasi / Pixabay

CIA dan dinas keamanan asing memperingatkan teman dan kolega Jamal Khashoggi bahwa upaya mereka untuk melanjutkan pekerjaan pro-demokrasi dari pria itu telah menjadikan mereka dan keluarga mereka target pembalasan potensial dari Arab Saudi. Demikian menurut sumber-sumber keamanan dan yang mengetahui ancaman tersebut.

Tiga dari mereka yang diberi pengarahan keamanan dalam beberapa pekan terakhir adalah advokat demokrasi Iyad El-Baghdadi dari Oslo, Norwegia, Omar Abdulaziz dari Montreal, Kanada, dan seseorang di Amerika Serikat yang meminta namanya untuk tidak disebutkan.

Kerja sama mereka dengan Khashoggi, yang dibunuh di Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada Oktober 2018, mencakup proyek-proyek HAM.

Berdasarkan pengarahan keamanan, para advokat mengatakan mereka menjadi sasaran karena mereka merupakan kritikus yang sangat vokal dan berpengaruh terhadap Putra Mahkota Mohammed bin Salman atau kerap disapa MBS.

Mereka mengampanyekan tuduhan bahwa MBS memerintahkan pembunuhan Khashoggi sebagai bagian dari penindasan yang lebih luas terhadap pembangkang Arab Saudi di seluruh dunia.