Tim kampanye Trump pelintir pernyataan pakar kesehatan AS

Anthony Fauci sebut kutipan iklan kampanye Trump menyesatkan.

Presiden AS Donald Trump dalam pengarahan media di Gedung Putih Washington, Selasa (19/5/2020)/Foto Antara/Reuters/Leah Millis.

Pakar kesehatan terkemuka pemerintah Amerika Serikat, Anthony Fauci, mengatakan bahwa kutipannya yang digunakan dalam iklan kampanye Donald Trump menyesatkan.

Fauci, dalam iklan kampanye tim pemenangan Trump tersebut mengatakan, dia tidak bisa membayangkan ada orang yang berbuat lebih banyak untuk melawan Covid-19 selain Trump.

Iklan kampanye berdurasi 30 detik tersebut menyatakan bahwa "Presiden Trump sedang dalam pemulihan dari Covid-19, dan begitu pun AS".

Bahkan, klip iklan itu juga memuat pernyataan Fauci, "Saya telah mencurahkan hampir seluruh waktu untuk ini. Saya berada di Gedung Putih hampir setiap hari dengan satuan tugas. Jadi, saya tidak dapat membayangkan bahwa dalam keadaan apa pun itu siapa pun bisa berbuat lebih banyak."

Anthony Fauci menegaskan iklan yang ditayangkan tim kampanye Trump sudah diedit untuk kepentingan politik. Pasalnya, rekaman asli berasal dari wawancara yang dilakukan Fauci dengan Fox News pada Maret lalu.