Tokoh Islam, Yahudi, dan Kristen bertemu di Vatikan

Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf merupakan salah satu tokoh agama yang hadir dalam forum Inisiatif Agama-agama Ibrahim tersebut.

Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf bersama Paus Fransiskus di Vatikan pada Rabu (15/1). / istimewa

Pada 14-17 Januari, forum Inisiatif Agama-agama Ibrahim atau Abrahamic Faiths Initiative digelar di Vatikan. Pertemuan itu dihadiri oleh sejumlah tokoh agama Islam, Yahudi, dan Kristen.

Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau yang akrab disapa Gus Yahya merupakan salah satu perwakilan muslim yang hadir.

Pada Rabu (15/1), para tokoh agama tersebut berdiskusi di Gregorian University, Roma. Gus Yahya menyebut, pertemuan itu mengerucutkan sikap dan langkah bersama dalam menghadapi kemelut kemanusiaan dewasa ini, yang kental diwarnai konflik antarkelompok agama.

"Musyawarah pada akhirnya mencapai kesepakatan untuk terjun ke wilayah konflik demi mengupayakan jalan keluar," jelas Gus Yahya dalam keterangan tertulis yang diterima Alinea.id, Kamis (16/1).

Namun, dia mengingatkan bahwa keputusan bersama itu perlu dijalani berbarengan dengan strategi yang komprehensif dan terkonsolidasi.