Topan Ilsa pecahkan rekor angin baru saat menghantam pantai barat Australia

Bidyadanga, komunitas Aborigin terbesar di negara bagian itu, yang menampung sekitar 850 orang, juga relatif tidak terpapar, menurut laporan

Topan Ilsa pecahkan rekor angin baru saat menghantam pantai barat Australia. Foto:

Topan Ilsa menerjang bentangan pantai terpencil di Australia Barat sekitar Kamis tengah malam waktu setempat dengan kecepatan angin yang memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat lebih dari 10 tahun lalu di tempat yang sama.

Setelah muncul di lepas pantai selama berhari-hari, Topan Ilsa mendarat di antara De Gray dan Pardoo Roadhouse sebagai badai kategori 5, menurut Biro Meteorologi (BOM) Australia – setara dengan badai Atlantik kategori 4.

Topan tersebut telah melemah dan bergerak ke tenggara melintasi negara bagian, membawa hujan lebat dan angin berkelanjutan dengan kecepatan 120 kilometer per jam.

Tepat sebelum menghantam daratan, Ilsa melesat melewati Pulau Bedout, sebuah pulau kecil tak berpenghuni, di mana kecepatan anginnya mencapai 218 km per jam selama periode 10 menit.

“Topan George adalah pemegang rekor sebelumnya dengan kecepatan 194 km/jam pada tahun 2007 di lokasi yang sama!” tweet BOM. Kamis malam, hembusan angin di pulau yang menjadi tempat berkembang biak burung laut ini mencapai 288 km/jam.