Trump akhirnya mau pakai masker

Trump memakai masker saat mengunjungi rumah sakit militer Walter Reed.

Presiden AS, Donald Trump, dalam pengarahan media di Gedung Putih, Washington, Selasa (19/5/2020). Foto Antara/Reuters/Leah Millis.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Sabtu (11/7) mengenakan masker di depan umum untuk pertama kalinya sejak pandemik coronavirus jenis baru merebak secara global.

Trump memakai masker saat mengunjungi rumah sakit militer Walter Reed di sekitar Washington, saat bertemu dengan tentara AS yang terluka dan para perawat kesehatan.

"Saya tidak pernah menentang penggunaan masker, saya hanya yakin bahwa perlu waktu dan tempat yang tepat untuk menggunakannya," kata Trump.

Sebelumnya, Presiden Trump berulang kali mengatakan bahwa dia tidak akan memakai masker. Dia bahkan mengejek mantan Wakil Presiden Joe Biden karena menggunakan masker saat berada di hadapan umum.

"Saya pikir ketika Anda berada di rumah sakit, terutama di mana Anda berbicara dengan banyak tentara dan orang-orang yang kemungkinan besar baru saja turun dari meja operasi, memang lebih aman menggunakan masker," jelas Trump pada Sabtu.