Trump batalkan lawatan ketua DPR AS ke Afghanistan

Penutupan pemerintah atau government shutdown telah memasuki hari ke-28, terpanjang dalam sejarah Negeri Paman Sam.

Presiden ke-45 Amerika Serikat Donald Trump. Instagram/@realdonaldtrump

Donald Trump menunda perjalanan Ketua DPR Nancy Pelosi ke Brussels dan Afghanistan. Dia meminta politikus top Demokrat itu tetap berada di Amerika Serikat untuk bernegosiasi demi mengakhiri penutupan pemerintah atau government shutdown terlama yang kini telah memasuki hari ke-28

Presiden AS mampu menghentikan perjalanan dengan menolak penggunaan pesawat militer yang akan mengangkut Pelosi dan delegasi lainnya.

"Karena shutdown, saya terpaksa memberitahukan Anda bahwa perjalanan Anda ke Brussels, Mesir, dan Afghanistan telah ditunda. Kami akan menjadwalkan kembali tamasya tujuh hari ini ketika shutdown berakhir. Mengingat 800.000 pekerja federal AS tidak menerima gaji, saya yakin Anda akan setuju bahwa menundanya adalah sangat tepat. Saya juga merasa bahwa selama periode ini akan lebih lebih jika Anda berada di Wahington, bernegosiasi dengan saya dan bergabung dengan gerakan Strong Border Security untuk mengakhiri shutdown. Jelas, jika Anda ingin bepergian dengan pesawat komersial, itu merupakan hak prerogatif Anda," ungkap Trump dalam suratnya kepada Pelosi.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by President Donald J. Trump (@realdonaldtrump) on

Sebelumnya, pada Rabu (16/1), Pelosi mendesak Trump untuk menunda pidato kenegaraannya di tengah kebuntuan politik.