Donald Trump undang Vladimir Putin ke Washington

Pertemuan Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin disebut-sebut akan berlangsung pada musim gugur tahun ini.

Ilustrasi / Shutterstock

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ingin mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke Washington pada musim gugur nanti.

Undangan itu disampaikan Trump setelah dia mendapatkan kritikan tajam dari politikus Partai Demokrat dan Partai Republik karena pertemuannya dengan Putin.

Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengungkapkan pertemuan itu mungkin akan berlangsung pada musim gugur tahun ini atau sekitar September hingga November mendatang. "Presiden Trump meminta Penasihat Keamanan Nasional John Bolton untuk mengundang Presiden Putin ke Washington pada musim gugur dan diskusi itu sedang dilaksanakan," ucap Sanders dilansir Channel News Asia pada Jumat (20/7).

Undangan terhadap Putin itu mengejutkan banyak pihak. Direktur Intelijenan Nasional Dan Coats juga mengaku kaget. "Mengatakan hal itu lagi?," kata Coats dalam Forum Keamanan Aspen di Colorado. "Oke. Itu akan menjadi hal spesial, saya tidak mengetahui apa yang akan terjadi," imbuhnya.

Coats mengungkapkan tiga hari setelah Trump bertemu dengan Putin, dia juga tak mengetahui apa yang dibicarakan mereka berdua. "Saya tidak mengetahui isi pertemuan itu," katanya. Sedangkan Trump mengungkapkan topik yang didiskusikan adalah terorisme, keamanan untuk Israel, perlucutan senjata nuklir, serangan siber, perdagangan, Ukraina, perdamaian Timur Tengah, dan Korea Utara.