Trump setuju kirim 1.000 pasukan ke Polandia

Polandia menginginkan pasukan tambahan untuk mencegah potensi agresi dari Rusia.

Presiden Polandia Andrzej Duda dan Presiden Donald Trump dalam konferensi pers bersama di Gedung Putih pada Rabu (12/6). REUTERS/Kevin Lamarque

Donald Trump berjanji kepada Presiden Polandia Andrzej Duda pada Rabu (12/6) bahwa dia akan mengerahkan 1.000 pasukan Amerika Serikat ke Polandia, sebuah langkah yang diinginkan Warsawa untuk mencegah potensi agresi dari Rusia.

Meskipun Trump dan Duda menunjukkan persatuan yang kuat, namun Trump tidak setuju dengan upaya Duda untuk memaksa beberapa hakim Mahkamah Agung Polandia pensiun, sebuah keputusan yang memicu protes tahun lalu.

"Tidak," kata Trump ketika ditanya apakah dia mendukung upaya Duda melengserkan para hakim.

Trump mengumumkan penempatan pasukan AS di Polandia dalam konferensi pers bersama dengan Duda di Rose Garden, Gedung Putih, tidak lama setelah kedua pemimpin menandatangani deklarasi bersama yang menegaskan kerja sama pertahanan dan menyaksikan jet tempur F-35 pabrikan AS beraksi.

Duda, yang sedang mempertimbangkan menamai instalasi militer AS "Fort Trump," mengatakan gelombang pasukan baru diperlukan karena agresi Moskow sebelumnya terhadap Polandia dan untuk membantu memperkuat ikatan negaranya dengan Barat.