Turki dorong isu Palestina dibahas di Sidang Umum PBB

Turki menginginkan sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membahas isu Yerusalem dan pembunuhan massal warga Palestina di Jalur Gaza.

Seorang pengunjuk rasa Palestina memegang ketapel saat protes memperingati 70 tahun Nakba, dekat pemukiman Yahudi Beit El, dekat Ramallah, di Tepi Barat yang diduduki, Selasa (15/5)./ Antarafoto

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menginginkan sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membahas isu Yerusalem dan pembunuhan massal warga Palestina di Jalur Gaza.

“PBB perlu membentuk komisi independen untuk menyusun laporan kekerasan di Gaza,” tegas Mevlut dilansir Channel News Asia. Israel, imbuhnya, harus mempertanggungjawabkan kejahatan yang dilakukannya.

Israel menembaki puluhan demonstran Palestina di Jalur Gaza pada Senin (15/5) lalu. Pada saat yang bersamaan, Amerika Serikat membuka kedutaannya di Yerusalem.

Melansir Al Jazeera, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan PBB telah gagal menghadapi pasukan Israel yang membunuh lebih dari 60 warga Palestina pada awal pekan ini.

“PBB telah berakhir karena kurang respons terhadap Israel yang terus menggunakan kekuatan mematikan melawan para demonstran,” terang Erdogan. Lebih dari 2.700 warga terluka saat tentara Israel menembaki orang Palestina.