TV Rusia rilis target nuklir di Amerika Serikat

Rudal nuklir hipersonik Rusia diklaim dapat mengenai sasaran di AS dalam waktu kurang dari lima menit.

Ilustrasi / Pixabay

Televisi pemerintah Rusia memunculkan daftar fasilitas militer Amerika Serikat yang akan ditargetkan Moskow jika terjadi serangan nuklir. Mereka mengatakan bahwa rudal nuklir hipersonik yang dikembangkan Rusia dapat mengenai sasaran dalam waktu kurang dari lima menit.

Pentagon dan tempat peristirahatan Presiden AS, Camp David, di Maryland termasuk di antara target yang dimaksud.

Laporan yang dinilai tidak biasa itu disiarkan pada Minggu (24/5) malam, beberapa hari setelah Presiden Vladimir Putin mengatakan, Moskow siap secara militer untuk menghadapi gaya krisis rudal Kuba jika AS menginginkannya.

Dengan meningkatnya ketegangan di tengah kekhawatiran Rusia bahwa AS mungkin akan menyebarkan rudal nuklir jarak menengahnya di Eropa pasca-penarikan diri Washington dari  perjanjian kontrol senjata (INF), Putin mengatakan Moskow akan dipaksa untuk merespons dengan menempatkan rudal nuklir hipersonik di kapal selam di dekat perairan AS. 

AS sendiri telah menegaskan tidak memiliki rencana dalam waktu dekat untuk menyebarkan rudal nuklir jarak menengah di Eropa dan memilih mengabaikan peringatan Putin, mencapnya sebagai propaganda tidak jujur.