Ukraina akui kisah 'Hantu Kiev' yang tembak 40 pesawat Rusia sebenarnya hoaks

Hantu Kiev adalah legenda pahlawan super, yang karakternya diciptakan oleh orang Ukraina, kata Komando Angkatan Udara Ukraina.

Ukraina akui kisah 'Hantu Kiev' yang tembak 40 pesawat Rusia sebenarnya hoaks. Foto Nzherald

Misteri "Hantu Kiev", seorang pilot pesawat tempur Ukraina yang dilaporkan menembak jatuh puluhan pesawat Rusia ternyata hanya mitos. Angkatan Udara Ukraina akhirnya mengakui kabar itu cuma bualan.

Kematian pilot yang diduga dilaporkan oleh media termasuk The Times of London, yang mengidentifikasi "Hantu Kiev" sebagai Mayor Stepan Tarabalka, ayah satu anak berusia 29 tahun.

Tarabalka telah dipuji sebagai pahlawan dan dikreditkan dengan menjatuhkan 40 pesawat Rusia. Namun angkatan udara Ukraina kini mengakui bahwa pilot pahlawan itu hanyalah mitos.

"Hantu Kiev adalah legenda pahlawan super, yang karakternya diciptakan oleh orang Ukraina!" Komando Angkatan Udara Ukraina menulis di Facebook semalam, membunuh rumor tersebut.

Angkatan udara menegaskan bahwa "Tarabalka bukan 'Hantu Kiev', dan tidak menembak jatuh 40 pesawat, sebaliknya mengklaim bahwa karakter hantu itu adalah "gambar kolektif pilot brigade penerbangan taktis ke-40 Angkatan Udara, yang mempertahankan langit Ukraina".