Ukraina hancurkan toko roti di Lysychansk tewaskan 28 warga

Ukraina belum secara resmi mengomentari insiden tersebut.

Ukraina hancurkan toko roti di Lysychansk tewaskan 28 warga. Foto: AFP

Rusia mengatakan sedikitnya 28 orang tewas setelah pasukan Ukraina menembaki sebuah toko roti di kota Lysychansk di wilayah timur Luhansk yang diduduki. Kementerian Pertahanan Sipil, Keadaan Darurat dan Bantuan Bencana mengatakan setidaknya satu anak termasuk di antara korban tewas.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan pada hari Minggu bahwa “lusinan warga sipil” berada di dalam gedung ketika Ukraina menyerangnya.

Kementerian Keadaan Darurat telah merilis video pada Sabtu malam yang menunjukkan petugas pertolongan pertama menemukan mayat dan membawa orang-orang yang berlumuran darah dengan tandu keluar dari reruntuhan bangunan satu lantai yang tampaknya hancur.

Di gedung tersebut tampaknya terdapat sebuah restoran bernama Adriatic, yang menurut pihak berwenang setempat dikenal menawarkan roti segar selama akhir pekan, sehingga menarik banyak orang Rusia.

Zakharova dari Kementerian Luar Negeri juga mengatakan Moskow mengharapkan “kecaman cepat dan tanpa syarat” dari organisasi internasional.