Ukraina tembak pesawat pengintai, pukulan telak bagi Rusia

Kerugian pesawat senilai U$483 juta itu dipandang signifikan karena Rusia memiliki jumlah pesawat yang terbatas.

Pesawat mata-mata A-50. Foto: Wikipedia

Ukraina mengklaim telah menembak jatuh sebuah pesawat pengintai A-50 Rusia dan sebuah pos komando lintas udara Il-22. Kesuksesan ini disebut berpotensi menjadi pukulan signifikan terhadap pasukan Kremlin.

Pesawat pengintai jarak jauh Beriev A-50 Rusia ditembak jatuh saat berpatroli di wilayah Laut Azov akhir pekan lalu, sementara pos komando lintas udara Ilyushin Il-22 terpaksa melakukan pendaratan darurat, kata sumber Ukraina.

“A-50 ditembak jatuh dan meledak,” kata Mayor Jenderal Kyrylo Budanov, kepala intelijen militer Ukraina, kepada Financial Times pada hari Senin.

“Il-22 mengalami kerusakan parah, namun sayangnya bagi kami, pesawat tersebut berhasil melakukan pendaratan darurat di Anapa [sebuah kota Rusia di pantai Laut Hitam],” tambahnya.

Melalui pesan Telegram pada hari Senin, Panglima militer Ukraina Valerii Zaluzhnyi mengunggah video peta pelacakan yang menunjukkan bahwa pesawat tersebut diserang di Laut Azov, yang terletak di sebelah timur Semenanjung Krimea yang diduduki Rusia.