Umat Muslim China rayakan lebaran pada Sabtu

Meskipun demikian, beberapa masjid di daratan Tiongkok itu ada yang menyelenggarakan salat Idulfitri pada Jumat pagi.

Asosiasi Islam China (CIA) secara resmi memutuskan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Sabtu (16/6)./Antara Foto

Asosiasi Islam China (CIA) secara resmi memutuskan bahwa Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1439 H jatuh pada hari Sabtu (16/6). Juru bicara CIA Abdul Hakim Ma Jie menjelaskan CIA telah sepakat menggelar salat Id pada tanggal 16 Juni. 

Dengan adanya keputusan tersebut, maka Masjid Niujie yang merupakan salah satu masjid tertua di Ibu Kota China itu menyelenggarakan shalat Idulfitri pada Sabtu (16/6) pagi. Meskipun demikian, beberapa masjid di daratan Tiongkok itu ada yang menyelenggarakan salat Idulfitri pada Jumat pagi.

Informasi yang dihimpun dari berbagai daerah di China, beberapa masjid yang menyelenggarakan shalat Idulfitri terlebih dulu di antaranya terdapat di Shanghai, Tianjin, dan Wuxi (Provinsi Jiangsu). Bahkan, Konsulat Jenderal RI di Shanghai menyelenggarakan shalat Idulfitri juga pada hari Jumat.

"Kami menyelenggarakan salat Idulfitri di Wisma RI pada pagi ini (Jumat waktu setempat)," kata Konsul Jenderal RI untuk Shanghai Siti Nugaraha Mauludiah seperti dikutip Antara.

Demikian pula dengan KJRI Guangzhou yang menyelenggarakan salat Idulfitri lebih dulu pada Jumat pagi. Konsul Jenderal RI untuk Guangzhou Gustanto menambahkan, salat Id akan dilaksanakan pagi ini pukul 08.00 (07.00 WIB).