Update perang Rusia-Ukraina: Pejabat AS prediksi Luhansk akan jatuh ke tangan Rusia

Rusia telah membuat keuntungan yang stabil di wilayah Donbas yang penting secara strategis - terdiri dari Luhanks dan Donetsk.

Pejabat AS prediksi Luhansk akan jatuh ke tangan Rusia dalam beberapa pekan. Foto Reuters

Pasukan Rusia mungkin hanya beberapa minggu lagi untuk menguasai wilayah kunci Luhansk di Ukraina timur. Sementara, pejabat Ukraina terus meminta lebih banyak senjata berat dan amunisi dari Barat.

Seorang pejabat senior pertahanan AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada The Washington Post bahwa kota-kota Severodonetsk dan Lysychansk, yang dilanda beberapa pertempuran paling sengit dalam beberapa pekan terakhir, dapat jatuh ke tangan Rusia dalam beberapa hari mendatang.

Rusia telah membuat keuntungan yang stabil di wilayah Donbas yang penting secara strategis - terdiri dari Luhanks dan Donetsk - dengan menggempur daerah itu dengan artileri berat hari demi hari dan menimbulkan banyak korban pada tentara Ukraina yang kalah jumlah dan persenjataannya.

Daerah itu adalah rumah bagi apa yang disebut Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Luhanks, yang dikendalikan oleh pemberontak yang didukung Moskow yang telah berperang dengan pasukan Ukraina sejak 2014.

Dipercaya secara luas bahwa nasib Donbas dapat menentukan jalannya seluruh perang, sekarang di bulan keempat.