Update perang Rusia-Ukraina: Rusia hancurkan jembatan terakhir di Sievierodonetsk, Azovstal jilid 2

Situasi pasukan Ukraina di Sievierodonetsk sekarang seperti peristiwa pengepungan di Azovstal, Mariupol.

ilustrasi. Istimewa

Pasukan Rusia telah menghancurkan jembatan terakhir yang menghubungkan kota Sievierodonetsk di Ukraina timur dengan kota yang dikuasai Ukraina di seberang sungai. Penghancuran ini memutus semua jalur evakuasi bagi mereka yang tersisa di kota itu, kata seorang pejabat Ukraina pada Senin malam.

Sergei Gaidai, gubernur Lugansk, mengatakan di media sosial bahwa sekitar 70% dari Sievierodonetsk sekarang berada di bawah kendali Rusia. Ia menggambarkan situasi tentara Ukraina yang bertahan di kota itu dalam keadaan "sulit, tetapi terkendali".

Menurut dia, penghancuran jembatan terakhir di seberang sungai ke kota kembar Lysychansk berarti juga mempersulit pengiriman bantuan kemanusiaan, atau memindahkan warga sipil yang masih berada di Sievierodonetsk.

Artileri Rusia juga menggempur pabrik kimia Azot pada hari Senin, di mana, menurut Gaidai, ratusan warga sipil berlindung.

Panggilan mendesak untuk bantuan
Ukraina telah mengeluarkan seruan yang semakin mendesak untuk lebih banyak senjata berat Barat untuk membantu mempertahankan Sievierodonetsk, yang menurut Kiev dapat menjadi kunci pertempuran untuk wilayah Donbas timur dan jalannya perang.