Update perang Rusia-Ukraina: Zelensky tunjukkan nyali, muncul di garis depan pertempuran Donbas

Mykolaiv adalah target utama Rusia karena terletak di jalan menuju pelabuhan strategis Laut Hitam Odessa.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto AFP

Sebuah foto menunjukan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menatap kamera. Di belakangnya pemandangan bangunan dengan puing-puing dan seorang tentara menenteng senjata. Kabarnya, Sabtu kemarin Zelensky mengunjungi garis depan selatan Donbas, salah satu titik pertempuran sengit saat ini. 

Itu kunjungan pertama kalinya bagi Zelensky sejak invasi Rusia di mana "pertempuran hebat" berkecamuk lagi di wilayah Donbas timur.

Zelensky jarang pergi ke luar Kiev, tempat ia bermarkas karena alasan keamanan. Tetapi kali ini Zelensky melakukan perjalanan ke Kota Mykolaiv di Laut Hitam dan mengunjungi pasukan di dekatnya dan di wilayah Odessa yang berdekatan.

Pasukan Rusia telah mengarahkan senjata mereka ke timur dan selatan Ukraina dalam beberapa pekan terakhir sejak gagal dalam upaya mereka untuk merebut ibu kota Kiev setelah invasi kilat 24 Februari.

"Penting bagi Anda untuk hidup. Selama Anda hidup, ada tembok kuat Ukraina yang melindungi negara kita," kata Zelensky kepada tentara di wilayah Odessa.
 
"Saya ingin berterima kasih kepada Anda dari orang-orang Ukraina, dari negara bagian kami untuk pekerjaan besar yang Anda lakukan, untuk layanan sempurna Anda," ucap Zelensky menyemangati.