Varian Omicron menyebar pesat di Ontario Kanada

Lonjakan kasus Covid-19 di Ontario, menyumbang hampir 40% dari populasi Kanada yang berjumlah 39 juta orang.

Ilustrasi. Pixabay

Kasus Covid-19 di Kanada dapat meningkat pesat dalam beberapa hari mendatang, karena penyebaran virus varian Omicron. Varian Omicron menyebar sangat pesat di Provinsi Ontario yang paling padat penduduknya di negara itu, kata pejabat tinggi kesehatan Kanada, Senin (13/12).

Lonjakan kasus Covid-19 di Ontario, menyumbang hampir 40% dari populasi Kanada yang berjumlah 39 juta orang, hal tersebut telah mendorong pemerintah provinsi membatalkan pelonggaran pembatasan yang rencananya akan dicabut menjelang musim liburan.

Provinsi tersebut melaporkan 1.536 kasus Covid-19 pada Senin (13/12), dan melonjak lebih dari 70% sejak seminggu yang lalu, termasuk 80 kasus varian Omicron yang telah menyebar di lebih dari 60 negara sejak pertama kali terdeteksi bulan lalu.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan bahwa varian Omicron menimbulkan risiko global "sangat tinggi", dengan beberapa bukti bahwa varian tersebut menghindari perlindungan vaksin, tetapi data klinis tentang tingkat keparahannya terbatas.

Setidaknya satu pasien telah meninggal di Inggris setelah tertular Omicron, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan pada Senin (13/12).